Tanjung Pesona

Tanjung Pesona
Di Ujung Timur Matahari

Kamis, 22 Maret 2018

Cara Percaya Diri

Detty-Percaya diri memang tidak semudah seperti apa yang orang-orang katakan. Meskipun anda menemukan cara terbaik untuk percaya diri, tetap saja untuk menerapkannya ke kehidupan nyata kita masih sulit sekali. Kurang percaya diri saya rasa tidak akan hilang dari diri kita, tapi kita hanya bisa menguranginya. Kita akan tetap merasakan kurang percaya diri ketika melakukan sesuatu terutama dihadapan orang banyak. Tapi bagaimana caranya agar rasa kurang percaya diri itu hilang bersama jalannya acara atau aktivitas. Jangan sampai kita kurang percaya diri terus sepanjang aktivitas dan kegiatan berlangsung.
Kepercayaan diri itu ada bermacam-macam. Kepercayaan diri tentang penampilan tubuh, baju, gaya hidup, kemampuan anda ketika tampil di depan banyak orang, dan masih banyak lagi. Hampir setiap aktivitas yang mengharuskan kita bertemu dengan orang lain berhubungan dengan yang namanya percaya diri.

Kali ini saya akan membahas bagaimana mengurangi kepercayaan diri ketika tampil di depan banyak orang. Kurang percaya diri hanya terjadi di diri anda yang mau tampil. Jadi jika anda kurang percaya diri karena anda tidak memiliki kemampuan yang baik atau bagus seperti layaknya orang lain yang lebih baik dari anda. Jangan khawatir! Karena yang mengetahui apakah anda mampu atau tidak hanya diri anda, bukan orang lain. Orang lain baru akan mengetahui kemampuan anda setelah anda tampil. Jadi hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi percaya diri ketika tampil di depan umum adalah jangan ragu di awal sebelum anda tampil. Hiraukan semua pikiran tentang bagaimana orang lain menilai anda.  Karena jika diri anda saja sudah ragu sebelum tampil, bagaimana jika anda tampil nanti?
Meskipun kemampuan anda tidak sebaik orang lain tapi setidaknya anda dapat tampil dengan lancar seolah anda menguasai kemampuan dengan baik. Saat kita tampil pasti orang lain akan menilai kita apakah kita tampil dengan bagus atau buruk. Biarkan mereka menilai anda, tetap hiraukan penilaian orang lain terhadap diri anda ketika tampil. Yang terpenting adalah anda dapat tampil dengan rasa percaya diri sehingga anda tetap fokus pada penampilan. Jika anda fokus pada orang lain, bisa jadi penampilan anda jadi kacau.
Dari sekian banyak orang yang melihat penampilan anda, mereka akan menilai bagus atau buruk. Kita tahu hal paling menyakitkan adalah ketika orang lain menilai penampilan diri kita buruk dan membicarakannya ke diri kita langsung, semacam mengejek anda.
Misalnya anda tampil menyanyi di hadapan banyak orang, setelah anda tampil ada yang mengatakan ke diri anda,
"Kamu bisa nyanyi gak sih, udah fals, nafas gak karuan. PD lagi"
Ucapan itu sangat menyakitkan dan mampu membuat diri kita down seketika. Tapi ucapan semacam itu jarang ada dan hampir tidak mungkin dilakukan oleh banyak orang sebagai penonton. Paling maksimal penonton hanya mengucapkan keburukan anda dengan sesama penonton, bukan kepada anda langsung. Jadi sepanjang anda tidak menemui seperti orang dan ucapan yang saya contohkan tadi, anda masih termasuk aman. Intinya adalah hampir tidak ada orang yang menghina anda tentang penampilan anda di depan anda langsung. Meskipun ada misalnya ketika anda mengikuti lomba, jangan sampai emosi dan memperpanjang masalah dengan juri, cukup terima apa yang dikatakan juri.
Kesimpulannya adalah pertama, sebelum tampil jangan minder karena orang lain tidak tahu kemampuan anda dan akan tahu setelah anda tampil. Kedua, jangan terlalu memikirkan orang lain bagaimana menilai keburukan anda saat tampil. Percayalah anda masih lebih baik dari penonton yang menilai keburukan anda, karena penonton itu bisa lebih buruk dari anda.
Untuk opini tentang cara percaya diri lainya, tunggu di lain kesempatan. Semoga opini saya kali ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Jika sekiranya teman-teman mau menambahkan opini kalian, bisa membagikannya lewat kolom komentar. Bisa jadi opini kalian bermanfaat bagi banyak orang.
#Motivasi-Detty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar